Hubungan Asuransi dan Investasi

Mengikuti jasa asuransi atau menjadi nasabah dianggap juga melakukan sebuah investasi. Pada mulanya jasa asuransi adalah untuk menyimpan atau tepatnya proteksi ntuk keselamatan dan perlindungan, yang biasa dikenal asuransi jiwa dan kesehatan. 

Tapi semakin banyak muncul model asuransi investasi yang dikenak dengan asuransi unit link. Sebenarnya banyak yang belum paham hubungan asuransi dan investasi, karena  banyak instrumen investasi yang jelas, mulai dari obligasi, reksadana, saham, dan sebagainya. 

Produk asuransi berbasis investasi atau lebih dikenal dengan produk Asuransi Unit Link merupakan perkawinan antara 2 produk keuangan, yaitu asuransi jiwa berjangka + Unit Link. Ditawarkan melalui polis asuransi jiwa, sehingga menjadikan produk ini BUKAN produk investasi, tapi ada TAMBAHAN fitur berinvestasi.

Reksadana dan Unit Link pada dasarnya adalah produk keuangan yang persis sama. Dana dari para investor akan masuk ke dalam suatu wadah dan dikelola oleh seorang Manajer Investasi. Jadi, jika berbicara resiko dan potensi keuntungan investasi untuk berbagai jenis dana kelolaan dari mulai pasar uang, campuran, hingga saham, akan memiliki sama saja. 

Namun, suatu produk yang dijual independendan yang harus ìnempelî dengan suatu produk lain, tentu saja ada fitur-fitur penting yang akan sangat membedakan dan bisa berdampak terhadap rencana keuangan Anda.


2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus